Selamat Datang

Selamat datang di website sederhana kami. Kami adalah salah satu unit usaha dari komunitas Makassarpreneur. Kami saat ini menggagas UKM bidang pertanian dengan mengembangkan tepung ganyu. Kami telah melatih kewirausahaan kelompok tani di Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa dan mencoba mengangkat produk lokal yaitu ganyu. Harapan kami usaha ini bisa mengangkat taraf hidup petani dan juga turut serta dalam upaya diversifikasi pangan. Kami tunggu komentar, saran dan tawaran kerjasama dari berbagai pihak. Salam kami
Divisi UKM Makasarpreneur

Selasa, 23 November 2010

TENTANG GANYU


Usaha penganekaragaman pangan sangat penting artinya sebagai usaha untuk mengatasi masalah ketergantungan pada satu bahan pangan pokok saja, salah satu diantarnya pengembangan tepung ganyu. Tepung ganyu ini merupakan penemuan terbaru dalam dunia industri bahan mentah atau food commodities, sebagai pengganti/penambah terigu dengan harga yang lebih murah dan lebih bagus dari segi kualitas tepung. Hal ini menjadikan tepung ganyu sebagai bahan pengganti maupun bahan penambah dari tepung yang akan meningkatkan kualitas produk namun dalam saat yang bersamaan menekan biaya produksi menjadi lebih murah.

APA ITU GANYU
Ganyu atau di Jawa disebut Ganyong (Canna discolor L. syn. C. edulis, suku kana-kanaan atau Cannaceae) adalah sejenis tumbuhan penghasil umbi yang cukup populer namun kelestariannya semakin terancam karena tidak banyak orang yang menanam dan mengonsumsinya. Umbi Ganyu mengandung pati, meskipun tidak sebanyak ubi jalar. Ganyu masih berkerabat dekat dengan kana hias. Canella (pati Ganyu) berasal dari umbi Ganyu yang tumbuh pada lahan pertanian atau pekarangan dengan kondisi marginal sekalipun. Pati Ganyu umumnya berasal dari umbi Ganyu putih dengan kandungan amilosa yang cukup tinggi (menghasilkan gel yang kokoh) sehingga cocok untuk pembuatan aneka kue lapis / soonkrecek nabati / jenang / cendol, dll.

Ganyu memiliki tekstur dan rasa mirip ubijalar. Hanya, kelemahan Ganyu jika dikonsumsi langsung adalah banyaknya kandungan serat di dalamnya, sedang bentuk patinya akan membentuk gel ketika dimasak. Namun, beberapa uji coba sudah membuktikan bahwa untuk produksi cookies, tepung Ganyu dapat diandalkan sebagai pengganti tepung terigu, hingga 100%. Pada pembuatan cookies, jumlah pati Ganyu yang diperlukan bahkan hanya 1/3 dari jumlah terigu yang biasa dipakai.

Hasil uji coba tepung Ganyu dijadikan bahan baku kue kering, roti, kerupuk, mi dan makanan lainnya, telah berhasil. Terutama rasa makanan yang tidak berubah. Ternyata, tepung ini betul-betul bisa menjadi pengganti tepung terigu.

Ganyu sekarang dibudidayakan teratur di Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Jambi, Lampung, dan Jawa Barat. Adapun di Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Maluku, Ganyu masih merupakan tumbuhan liar di pekarangan dan di pinggir hutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar