Selamat Datang

Selamat datang di website sederhana kami. Kami adalah salah satu unit usaha dari komunitas Makassarpreneur. Kami saat ini menggagas UKM bidang pertanian dengan mengembangkan tepung ganyu. Kami telah melatih kewirausahaan kelompok tani di Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa dan mencoba mengangkat produk lokal yaitu ganyu. Harapan kami usaha ini bisa mengangkat taraf hidup petani dan juga turut serta dalam upaya diversifikasi pangan. Kami tunggu komentar, saran dan tawaran kerjasama dari berbagai pihak. Salam kami
Divisi UKM Makasarpreneur

Selasa, 23 November 2010

GOWA KEMBANGKAN TEPUNG GANYU


SUNGGUMINASA, UPEKS— Potensi alam di Kabupaten Gowa tergolong melimpah, sebut saja tanaman ganyu yang bisa di oleh menjadi tepung ganyu sebagai bahan pengganti tepung terigu.
PlT Kepala Wilayah Kecamatan (Camat) Bungaya, Andi Kumala Idjo kepada media ini di Sungguminasa, Senin (18/10), mengatakan, tanaman ganyu itu masih tumbuh di alam bebas di dua desa di Kecamatan Bungayya.
“Tepung yang bersumber dari tanaman ganyu ini masih diolah secara tradisional dan tanamannya masih tumbuh liar di alam terbuka di Desa Buakkang dan Rannaloe, Kecamatan Bungaya ini mampu menetralisir kandungan gula darah dan kolestrol dalam tubuh manusia,” katanya.
Kendati tumbuhan ini tumbuh subur di Buakkan dan Rannaloe, namun menurut Andi Kumala, produksinya masih terbatas kerena pengelolannya masih berbentuk home industri yakni diolah oleh Usaha Produktif dan Kerajinan (UPK) Buakkan dan Rannaloe dengan kapasitas produksi setengah ton per bulan.
Walau demikian, kata Andi Kumala, pihaknya sudah memperkenalkan tepung ganyu ini di triple C baru-baru ini di Makassar dalam ajang expo kerajinan berskala nasional tersebut.
“Alhamdulillah, dalam ajang expo itu, tepung ganyu ternyata banyak diminati oleh pengunjung,” kata Kumala. Tepung ganyu sendiri, bisa dipergunakan sebagai bahan untuk membuat kue pengganti tepung terigu dan sejumlah bahan makanan lainnya.
“Selaku pembina di kedua UPK tersebut kami berharap tepung ganyu ini bisa diproduksi dalam skala yang lebih besar lagi mengingat bahan bakunya cukup berlimpah. Disamping itu, ke depan ini, Gowa bisa menjadi sentra pengembangan tanaman ganyu di Sulsel karena tumbuhan atau tanaman ini memiliki prospek ekonomi yang menjanjikan,” harap Andi Kumala.

Koran Upeks Online, edisi Rabu, 22-07-2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar