Selamat Datang

Selamat datang di website sederhana kami. Kami adalah salah satu unit usaha dari komunitas Makassarpreneur. Kami saat ini menggagas UKM bidang pertanian dengan mengembangkan tepung ganyu. Kami telah melatih kewirausahaan kelompok tani di Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa dan mencoba mengangkat produk lokal yaitu ganyu. Harapan kami usaha ini bisa mengangkat taraf hidup petani dan juga turut serta dalam upaya diversifikasi pangan. Kami tunggu komentar, saran dan tawaran kerjasama dari berbagai pihak. Salam kami
Divisi UKM Makasarpreneur

Selasa, 23 November 2010

Prospek Pemasaran


Potensi dan prospek pasar merupakan salah satu elemen yang memegang peranan sangat penting dalam suatu kegiatan usaha agribisnis. Potensi dan prospek pasar agribisnis Ganyu sangat beragam, strategis, dan mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi.
Untuk produksi skala kecil tepung Ganyu bisa diproduksi perorangan karena prosesnya cukup mudah.

Pati Ganyu diperoleh dari hasil ekstraksi umbi Ganyu melalui proses pencucian, pengupasan, pamarutan, penyaringan, perendaman, pengeringan, penggiling dan pengayakan. Untuk skala besar, pengembangan tepung ganyu dapat melalui kelompok tani ataupun gabungan kelompok tani (gapoktan)yang didampingi untuk produksi dan pemasarannya. Bila tepung ganyu telah dikenal luas selanjutnya mampu menggantikan atau minimal sebagai bahan penambah terigu di masyrakat, maka secara otomotis pemasaran tepung ganyu akan meningkat.

Untuk itu, dukungan semua pihak sangat diperlukan untuk pengembangan tepung ganyu di Indonesia dan Sulawesi Selatan pada khususnya. Harapannya agar kita tidak bergantung lagi pada gandum yang notabene adalah produk pangan impor. Saatnya kita bangun kedaulatan pangan dengan mengembangkan bahan pangan lokal, salah satunya tepung ganyu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar